Langsung ke konten utama

KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 SMA/MA/SMK.

Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan supaya mudah untuk anda salin kemudian di copy ke dalam microsft word.


Atau jika tidak maka bisa langsung anda baca dengan melalui perangkat smartphone atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.


Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar
aplikasi office (pengolah kata, angka,
presentasi).
4.1.1 Membuat laporan yang
membutuhkan integrasi objek
berupa teks, data dalam bentuk
angka maupun visualisasi
chart/grafik, gambar/foto.

4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office.
Teknik Komputer
3.2.1 Memahami interaksi antara
perangkat keras, perangkat lunak
dan pengguna.

3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan
terkait penggunaan komputer yang
lebih kompleks dari sebelumnya.
4.2 Melakukan interaksi (transfer data,
tethering) antara dua atau lebih
perangkat yang berbeda.
Jaringan Komputer/Internet
3.3 Mengenal jaringan komputer lebih
teknis.
4.3.1 Menjelaskan komponen jaringan
dan mekanisme yang terjadi dalam
sebuah jaringan.

4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan
komputer
Analisis Data
3.4 Memahami bahwa data dapat
dikoleksi secara kontinyu dan
otomatis melalui berbagai perangkat.
4.4 Melakukan berbagai cara
pengumpulan data yang dijelaskan di
kelas
3.5 Memahami aspek privasi dalam
pengumpulan data.
4.5 Mengambil dan mempublikasi data
dengan memerhatikan aspek privasi.
memanfaatkan fitur visualisasi dari
pengolah angka
3.6 Memahami data yang terkumpul
dalam jumlah besar yang dapat
ditransformasi, digeneralisasi,
disederhanakan.
4.6 Memroses data dengan fitur lanjut
pemroses angka.
3.7 Mengenal berbagai cara visualiasi
data.
4.7 Memvisualisasikan data dalam
jumlah besar serta memberikan
interpretasi yang berdasarkan
penalaran dan prediksi data dengan
Algoritma dan Pemrograman
3.8.1 Mengenal notasi algoritma.

3.8.2 Mengenal struktur/templates
program dalam bahasa yang
diajarkan.

3.8.3 Memahami variabel, value,
konstanta, ekspresi dan instruksi
input/output.

3.8.4 Memahami mekanisme eksekusi kondisional dan loop.

3.8.5 Memahami struktur data dasar
(array sederhana).
4.8.1 Menulis program sederhana
dengan satu program utama yang
memakai salah satu atau gabungan
dari pengetahuan 3.8.1 sampai
dengan 3.8.5

4.8.2 Mengkombinasikan struktur
kontrol dan mengetahui akibatnya,
berdasarkan dengan pengathuan
3.8.1 sampai dengan 3.8.5
Dampak Sosial Informatika
3.10.1 Mengenal Aspek sosial dari
penggunaan komputer.

3.10.2 Mengetahui bahwa rancangan dan
penggunaan teknologi dapat
memperbaiki kualitas hidup atau
memperburuk, bahkan
memperlebar kesenjangan untuk
mengakses informasi.
4.10 Menunjukkan dan menjelaskan
kasus-kasus sosial dari
implementasi produk TIK yang
menimbulkan dampak positif
dan/atau negatif.

Berpikir Komputasional (Tematis)
3.11 Computational Thinking untuk
menyelesaikan persoalan yang
lebih kompleks dari sebelumnya,
yang membutuhkan dekomposisi,
abstraksi dan representasi data,
serta berpola.
4.11 Memecahkan persoalan agak
kompleks yang membutuhkan
dekomposisi, abstraksi dan
representasi data serta berpola.
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.12 Cross-Cut Component, Capstone
(Integrasi pengetahuan dan
keterampilan), Praktek
4.12.1 Membina Budaya kerja masyarakat
digital dalam tim yang inklusif.

4.2.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan
tugas dengan tema komputing.

4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan
Persoalan yang pemecahannya
dapat didukung dengan komputer.

4.12.4 Mengembangkan dan
menggunakan abstraksi.

4.12.5 Mengembangkan Artefak
komputasional (produk TIK): Siswa
mampu membuat program
sederhana untuk menunjang
komputasi yang dibutuhkan di
pelajaran lain.

4.12.6 Mengembangkan rencana
pengujian, Menguji dan
mendokumentasikan hasil uji
artefak Komputasional (produk
TIK).

4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses,
fenomena, solusi TIK dengan
mempresentasikan, memvisualisasikan serta
memerhatikan Hak kekayaan
intelektual.

Demikianlah informasi mengenai KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skip

Muhammad Rizkia Fajri Utomo ( paijostn) Sering kali di panggil paijostn Adalah seorang pembisnis di bidang online khususnya di jual - beli, Sejak SMP dia sudah sering melakukan transaksi jual beli handphone. Dia juga menyediakan kebutuhan sosial media seperti follower Instagram, Tik tok, Facebook, dll Salah satu pemangku kepentingan dalam ekosistem ekonomi digital yang diharapkan dapat membantu dan mendorong perkembangan bisnis UMKM lokal adalah platform e-commerce. "Masa depan adalah milik mereka yang bekerja keras hari ini." - Anurag Prakash Ray Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Siapa itu Paijostn?", Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/mrizkiafajriu8007/64ff5824e1a167146a1f7292/m-rizkia-fajri-u Kreator: M RIZKIA FAJRI U ( Paijo Stn ) Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Solusi Recovery File Terhapus di Linux Ubuntu Dengan Mudah

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula . Sifat alami manusia salah satunya adalah lupa . manusia mempunyai pikiran dan akal yang terbatas sehingga memang wajar kalau kita sering sekali lupa. banyak hal yang tentunya merugikan ketika sifat yang satu itu timbul, salah satu contohnya adalah menghapus atau melakukan delete  pada file penting yang ada di komputer kita. bukan hanya karena lupa saja tapi bisa juga akibat kecerobohan atau ketidak tahuan pemakai bahwa file atau data yang baru saja kita hapus itu ternyata penting. mengembalikan file terhapus di ubuntu mungkin diluar sana sudah banyak yang tahu kita dapat melakukan recover file atau data yang hilang dengan menggunakan software atau aplikasi tertentu namun lebih banyak yang share cara mengembalikan file yang terhapus pada sistem operasi windows (xp, vista, 7, 8 ) saja. masih banyak yang belum tahu caranya mengembalikan data yang terhapus tersebut pada sistem operasi Linux Ubu...

Cara Memasang Selang Pembuangan Pada Printer Canon

Jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya, mengenai > Panduan Bisnis Online bagi Pemula . MEmasang Pembuangan Pada Printer sudah hampir merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, bahkan sekitar 80% pengguna Printer Inkjet telah memasang yang namanya pembuangan pada Printernya , apalagi jika Printer anda menggunakan Sistem Infus atau Continous Ink System, Printer yang  tanpa dilengkapi dengan fasilitas pembuangan seperti ini menurut saya sangat beresiko,  Khususnya terhadap adanya Korsletting  Listrik Pada Printer. Pembuangan tersebut  adalah tinta yang tidak bisa kita gunakan lagi, dan umumnya proses pembuangan tersebut terjadi saat anda Melakukan Head Cleaning, memang Pada dasarnya setiap Produk Printer seperti Epson, Canon dan beberapa jenis dan merek yang lain, telah menyediakan yang namanya Tempat seperti itu (Penampungan Pembuangan), dan umumnya terletak pada bagian dalam Belakang Printer,  berbentuk  gabus yang mempunyai daya serap tinggi, Gabus ters...